Believe Movie di Indonesia

6:06 PM

Well, it happened like around January 2nd actually, udah lama banget. Believe Movie sendiri juga rilis di luar sekitar Christmas 2013, dan akhirnya di Indonesia rilis 1 Januari 2014. Jadi inget gimana susahnya buat dapetin sebuah film bisa diputer di Indonesia.
Believe Movie sendiri awalnya memang gak diputer di seluruh dunia gitu, dan kalaupun diputar, hanya akan bertahan selama sekitar seminggu atau 10 hari, karena memang udah dari sananya begitu. Ini film semi indie gitu, karna ga pake promotor film gede kayak biasanya. Gue juga kurang tau alasannya kenapa dibikin gitu, padahal sih I mean, sekelas Justin ya pasti sanggup lah kalo cuma buat bayar distributor film nya.


So, this post is actually not about the movie or review. Gue hanya akan membahas ke bagian film nya dan gimana bawa kesini dan gimana akhirnya bisa nonton bareng 500 orang di XXI Senayan City, dan beberapa kota lainnya juga bisa ngerasain film ini dan nonton bareng di Indonesia.

It's all started with the announcement kalau film ini ga bakal diputar di seluruh dunia, dan kita mesti request kota kita di sebuah website, dan mereka bakal ngurusin semuanya. Not exactly. Kita juga ngurusin sih kemaren, I mean to make sure movie distributor want to buy the license. Dulu sih awalnya kita berhubungan sama Scott Manson aka jsmanson  yang kemudian notice kalau Indonesia pengen Believe Movie. We did couple of things like making trending topic worldwide, ngubungin beberapa distributor film di Indonesia juga, mulai dari Blitz Megaplex sama xxi dan para distributornya. Blitz akhirnya bilang ga bakal muterin Believe, dan ternyata Scott juga bakal phone call sama salah satu distributor cinemaxxi.
Cukup ribet sih. Gue nelponin Blitz, dilempar lempar dari bagian marketing, ke bagian sales, dibilang lagi ga ada, trus balik ke marketing, trus akhirnya disuruh telpon besoknya. Sampe dikata-katain sama so called kerja di blitz gtu salah satu admin gue, dibilangin masih bocah mending sekolah bla bla bla, trus ke cinema21 apalagi, mbak-mbaknya mungkin sampe kesel sama gue. Nelpon ke bagian bioskop, disuruh nelpon pusat, nelpon pusat disuruh ke bagian production, ke production disuruh telpon besoknya, nyoba lagi sorenya, pokoknya lumayan ribet dan bikin jantungan.
But long story short, in the end sih akhirnya Believe Movie diputer di Indonesia. Gue sendiri nge koordinir beberapa acara nonton bareng yang diadain di daerah, di beberapa kota, dengan mini project buat dikirim ke Justin pas ulangtahunnya. Dari mulai Tangerang, Bekasi, Bogor, Depok, Jogja, Semarang, Bandung, sampe luar Jawa kayak Batam, Medan dll gitu. Lumayan. Here's couple of the pics dari daerah yang gue koordinasikan sama city leader dari masing-masing kota. Bisa cek sih di instagram atau twitter dengan hashtag #BelieveMeetUp atau #BelieveMovieMeetUp.
Bandung
Palembang

Semarang sampe masuk koran :)
Semarang

Malang

Tapi main focus gue sih yang di Jakarta, karena akhirnya gue emang nge handle Jakarta, yang awalnya gue kira cuma perlu 1 studio kapasitas 195, ternyata berakhir dengan sewa 2 studio, yang 392 dan 195, dan full juga, dan itu gila banget!


That was def the biggest event I have ever handled so far. Sebelumnya gue pernah handle event sampe sekitar 400 orang, tapi tersebar di 20 kota. Nah ini? 500 orang di Jakarta doang, dan yang ngurusin cuma 9 orang kemaren. Crazy!
This pic actually being noticed by jonmchu the director, scooter braun, jsmanson himself, and lot others

I'm the one in the middle wearing the purple hoodie
Those one is damn crazy. Seriously, masuk fanbase ini ngajarin gue banyak hal, banyak banget. Bantu gue ngembangin network juga pastinya, dan pastinya ngasi pengalaman luar biasa.
Like, for example, nyewa gedung bioskop.
Sebelumnya gue sama sekali gak ngerti gimana kalau mau nyewa gedung bioskop. Pas awalnya banget, waktu tau film Believe bakal rilis sekitar akhir tahun, gue emang udah bayangin mesti ada yang namanya nonton bareng di bioskop. But damn, nyari info buat nyewa bioskop bener-bener sulit. Entah orang-orang gak pernah ada yang ngelakuin, atau ga ada yang sempet buat nulisnya, atau emang ga minat buat share bout it. But here I am, gue ga mau ntar orang sulit cari info juga. Jadi, let me write how to rent a theater studio in cinema. Ini khusus untuk cinema21 atau 21cineplex ya, tapi mungkin untuk Blitz ga jauh beda, paling di nomor yang dihubungi aja.
Dulu sih gue nyewa studio di bioskopnya xxi yang di Senayan City. Why sency? Mungkin karna gue paling sering main ke Sency, walaupun bisa dibilang lumayan jauh dari tempat gue di Salemba. Tapi emang dari dulu gue mainnya Sency mulu. Beside, kemaren ada yang bantuin juga, yang akhirnya ngenalin gue sama manajer XXI nya Sency, Pak Jamal.
Yang akhirnya, setelah kita bikin 3 kali nonton bareng di XXI Senayan City, doi beli CD Album Justin, dan selama Februari, diputer mulu di XXI Senayan City lol.
Anyway, dari situ kita diajarin juga buat nyewa studio bioskop. Sebenernya ada 2 cara untuk 1, via pusat, atau langsung di bioskopnya. Untuk di daerah, ada yang laporan ke gue, beberapa langsung ketemu manajer, booking studio di jam yang ditentukan, dan langsung borong tiketnya sebanyak seats di dalam studio, dan nanti bakal dikhususkan buat mereka dan gak ada normal customer yang bisa masuk kecuali beli tiket dari 'panitia'.
But, I use the other way, yaitu dengan hubungin pusat langsung. Dan menurut gue cara ini lebih enak sih, karena lebih gampang dan detail. And here's how.
Pertama lo harus hubungin XXI pusat. Dulu gue sih sama Mbak Anita, tapi ada juga satu lagi, gue lupa nama Bapaknya. Lo bisa call first ke  (021) 31901188 dan kasi tau kalau lo pengen rent a studio. Akan lebih baik kalau lo udah tau mau sewa studio di mall mana, tapi kalau misal lo masih pengen tanya-tanya kapasitasnya, bisa juga minta untuk dikirimin dulu. Gue sih dulu pernah dikirimin buat sekitaran Jakarta, bioskop apa aja dan jumlah seats di tiap bioskopnya.
Kalau lo udah tau mau dimana dan berapa jumlahnya, lo bisa kasitau ke orang cineplex, dan nantinya mereka bakal tanya hal-hal kayak nama dan nomor telpon lo, acaranya apa, tanggal berapa, dan jam berapa. FYI kalau misalnya lo mau rent studio, bisa dilakukan diluar jam operasional, jadi gabisa siang sampe malem. Dulu sih gue itu jam 9 pagi sampai jam 12, karena sekitar jam 1 udah operasional untuk film lain diputer.
Biayanya? Kalau lo udah kasitau acara, kapan, atas nama siapa, nanti bakal ditanya lo mau ditulis apa di bagian ticketnya, dan nanti mereka akan keluarkan invoice untuk biayanya. Lo bisa transfer ke mereka, dan email foto bukti transfernya. It will take around 3 or 4 days after you paid sih, tapi kadang bisa 2 hari aja. Lo bakal diminta untuk dateng ke kantor pusat mereka (ada di Wahid Hasyim, depan Ibis hotel kalo gue ga salah) buat ngambil ticket yang udah di print sama mereka, and then on the day, you just bring it, give it to the manager, dan voila, you have the studio for you and you only, entirely 2 hours more or less.


Hope you can have your own event and hope it help.

ps: It's getting crazier cause we get shot for ENews nya NET Media, and it was crazy already lol.


-xox
@ribkadel

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews