sedikit curhatan - keinginan untuk maju lebih baik

12:22 AM

postingan ini sebenernya gue tulis juga lebih dulu di blognya IYC dengan alamat disini
coba aja caricari nama gue, disitu sih username gue ribka adelina (:
tapi entah kenapa, gue pengen curhatin juga disini :))
enjoy !

Tulisan saya kali ini akan sedikit absurd. Maksudnya, mungkin kalian akan menemukan sedikit ketidakcocokan dalam hal yang akan saya bahas. Tapi well, smoga maksud-maksud yang ingin saya sampaikan bisa tersampaikan juga

Pertama, saya mau curhatin soal UU BHP yang katanya kemaren abis di-judicial review, ternyata ahirnya diputuskan ditolak. Well, dengan begitu, berarti nantinya gak ada lagi kebijakan dari kampus kan? apalagi soal uang kuliah yang 'agak' mahal itu. Kan katanya, pendidikan diberikan gratis, untuk mencerdaskan anak bangsa. Yaaaah, paling enggak, jangan semahal sekarang laaah. ortu kita juga bukan cuma ngebiayain kita. Masih banyak hal lain yang perlu diurusin kan?
Jadi pertanyaan saya soal kebijakan ini adalah, apakah nanti uang kuliah saya akan dikurangi, alias dipotong dari biaya skarang yang harusnya saya bayar? Atau, justru pengenaan kebijakan ini akan dilakukan mulai dari tahun ini, mulai penerimaan ajaran baru mahasiswa di tahun perkuliahan sekarang? soalnya, sewaktu UU BHP kemaren diberlakukan, pas banget kenanya di tahun saya masuk kuliah, tahun 2008. Daaan, memang sih angkatan di atas saya uang kuliahnya tidak dinaikkan, tetap saja seperti sebelum dipakai UU BHP. Kalau kayak gini ceritanya, berarti kemungkinan besar kebijakan yang diberlakukan bakal seperti itu lagi kah? Atau gimana?
Soalnya, kalau bener kebijakannya bahwa UU BHP mulai gak dipakai sejak tahun ajaran kali ini, 2010/2011, berarti punya kita bakal tetep uang kuliahnya? Kalo kayak gini, yang paling dirugiin anak-anak angkatan 2008 sama 2009 sembilan dooong, punya biaya uang kuliah paling mahal sendiri. Padahal mah, fasilitas yang didapat sama aja dengan yang bayar bahkan cuma SEPEREMPAT uang kulaih yang kita bayarkan. whooooaaa, diskriminasi ini namanya. Tapi yaaaah, belum tau juga sih bakal gimana. yang jelas, cuma bisa nunggu kebijakan yang ditrapkan dari kampus aja.

Anyway, ngomong-ngpomong soal kebijakan kampus ini, curhatan saya yang kedua emang ngomongin, dan berkaitan erat dengan hal ini. Kenapa? Karena yang mau saya omongin sekarang adalah soal kebijakan kampus saya yang baru.
Kemarin, saya baru tau dari teman-teman saya kalo mulai tahun ini, gak bakal ada lagi yang namanya SP ke atas. Yang ada cuma tinggal SP ngulang. dan itupuuuun, cuma untuk yang nilainya C, D atau E sekalian.
Awalnya sih ceritanya soal tiket mau pulang ke medan, trus saya bilang kalo bulan 7itu udah jadwalnya SP, dan saya gak bakal bisa pulang, dan dia langsung memberitahukan kabar mengemparkan itu. Gak ada lagi yang namanya SP ke atas,
Well, waktu saya tanya kenapa, katanya itu kebijakan baru. Nah, trus kita tanya kenapa gak ada yang protes. Mana fungsi perwakilan mahasiswa disini, kalo hak nya sendiri aja gak diperjuangin. Apa gunanya mereka kalo gitu, kalo gak bisa nyampein aspirasi kita? and you know people jawabannya apa? Justru KETUA perwakilan mahasiswanya yang ngusulin kayak gitu. supaya kita gak usah dibolehin lagi ngambil SP ke atas. Gosipnya sih yya *ini gosip doaang, katanya dia gak suka kita sering ngambil mata kuliah ke atas. Soalnya, kelas-kelas anak semester 6 justru dipenuhi sama anak semester 4, dalam hal ini angkatan saya. Katanya, angkatan saya itu angkatan yang paling rajin ikutan SP ke atas, angkatan yang kelewat rajin belajar.
Now, i wanna asking a questin, apa sih peduli lo kalo misalnya kita kelar cepat, kita wisuda cepat? Toh yang ngejalanin kita, yang kuliah kita, yang capek kita, yang belajar kita juga. Kalo emang lo gak mau disusulin sama junior lo, kenapa lo gak ngambil SP ke atas juga? Gak ada masalahnya kan? gak ada yang larang juga. Toh itu hidup lo juga gitu lho!
Masalahnya disini, dia justru menghambat keinginan kita untuk berusaha. dan sumpah, saya sangat tidak suka orang seperti itu. Oooh well, itu sih dari saya. Walau katanya masih ada kemungkinan SP mata kuliah ke atas masih ada, dengan syarat IP standar dibolehin ngambil mata kuliah semester atas dinaikkan. Well, apapun itu tetep aja kan cuma bisa nunggu kebijakan yang berlaku nantinya. Semoga aja lah mereka sadar mereka gak seharusnya membatasi keinginan orang untuk maju dan jadi lebih baik.

You Might Also Like

4 comments

Search This Blog

Total Pageviews